Analisa Usaha Bisnis Jasa Pembuatan Tas

Analisa Usaha Bisnis Jasa Pembuatan Tas

Melakukan analisa usaha bisnis jasa pembuatan tas merupakan langkah awal yang mesti anda lakukan jika ingin berhasil dalam bisnis ini. Selain untuk melihat potensi, peluangm ataupun tantangan yang ada, analisa yang tepat juga akan sangat berguna dalam pengembangan usaha nantinya.

Sebuah analisa usaha yang tepat berhubungan erat dengan perencanaan bisnis (business plan). Melalui perencanaan yang matang inilah anda bisa melihat langkah dan strategi apa saja yang akan anda lakukan mulai dari menjalankann usaha, melakukan proses produksi, pengadaan bahan, membuat desain, hingga memasarkan produknya.

Di tengah persaingan bisnis tas yang makin ketat, sebuah analisa usaha juga bisa mempetakan beragam potensi, kekuatan, maupun kelemahan anda yang perlu anda ketahui. Dalam dunia bisnis, tahap ini juga dikenal dengan istilah analisa SWOT. Dengan pemetaan ini anda akan lebih mudah melakukan perencanaan dan strategi untuk mengantisipasi dan mengambil langkah yang tepat.

Persaingan Bisnis Jasa Pembuatan Tas

Bandung merupakan salah satu pusat fashion tas yang sangat penting di Indonesia. Beragam model tas baru meluncur dan berawal dari kota ini, baik jenis tas fashion maupun tas yang fungsional. Dari jenis tas wanita, tas travel, tas kerja, tas laptop, tas trolley, tas ransel, hingga tas sekolah dengan model terbaru muncul dari kota ini.

Yang lebih menarik, perkembangan fashion tas di wilayah ini juga tak lepas dari begitu banyaknya perusahaan dan pabrik tas yang beroperasi dan menjalankan bisnisnya di Bandung. Dinamika bisnis pembuatan tas di Bandung membuatnya masuk dalam salah satu wilayah produsen dan pabrik tas terbaik di Indonesia.

Para produsen dan pabrik tas Bandung selalu melakukan inovasi dan kreasi dengan selalu menampilkan model tas terbaru. Karena itu pula waajar kota ini jugamenjadi trend setter model tas terbaru. Dari harga yang murah hingga jutaan bisa anda temukan di kota ini.

Hindari 3 Kesalahan Umum Analisa Bisnis Pembuatan Tas

Jika anda ingin berhasil dalam bisnis jasa pembuatan tas, maka analisa usaha yang anda lakukan mestilah cermat, teliti, dan akurat. Melalui analisa inilah aanda bisa menyusun perencanan bisnis yang matang untuk keberhasilan anda.

Berikut ini sejumlah kesalahan yang biasa terjadi saat penyusunan rencana bisnis ataupun analisa usaha yang wajib anda tahu.

1. Terlalu Banyak Informasi

Sumber informasi ataupun data yang diperoleh untuk kepentingan analisa usaha bisa berasal dari beragam sumber. Begitu juga cara atau teknik yang dilakukan untuk memperoleh data itu juga bisa beragam dan banyak. Informasi atau data itu sangat penting agar analisa bisnis yang dilakukan tepat dan akurat.

Namun tak jarang informasi dan data yang diperoleh begitu banyak dan melimpah. Informais yang terlalu banyak dalam prakteknya ternyata juga bisa menjebak dan membuat hasil analisa menjadi kurang akurat. Tak jarang juga anda akan dibuat bingung dengan banyaknya data yang ada.

2. Kelemahan dalam Analisa Persaingan

Para pelaku bisnis pemula umumnya lebih fokus memikirkan cara mendapatkan modal usaha dan bagaimana menjalankan usahanya ketimbang memikirkan tingkat persaingan bisnis yang ada. Bisnis tas, khususnya jasa pembuatan tas, saat ini sudah sangat jenuh. Begitu banyaknya jasa semacam ini yang sudah ada. Bahkan di Bandung saja anda bisa menemukan dengan mudah perusahaan atau pabrik tas yang sudah berjalan.

Analisa terhadap tingkat persaingan bisnis akan mendorong anda untuklebih inovatif dan kreatif dalam melahirkan model atau bentuk produk yang lebih unik. Sebaliknya, tanpa analisa persaingan yang tepat justru akan membuat bisnis anda tenggelam dan tidak akan berkembang.

3. Kurang Detailnya Rencana Keuangan

Tak sedikit pelaku bisnis yang tidak detail dalam menyusun rencana anggaran bisnisnya, termasuk perhitungan target keuntungannya juga tidak akurat. Kelemahan ini biasanya terungkap saat anda melibatkan pihak lain sebagai investor. Selain merugikan bisnis anda, kelemahan ini juga bisa menyebabkan bsinis anda tidak optimal.

Itulah informasi tentang analisa usaha bisnis jasa pembuatan tas yang semoga memberikan inspirasi buat anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *