Mengenal Jenis-Jenis Bahan Tas Paling Umum Digunakan

Mengenal Jenis-Jenis Bahan Tas Paling Umum Digunakan

Jika anda tertarik untuk terjun dalam bisnis tas sebaiknya anda lebih mengenal jenis-jenis bahan tas yang paling umum digunakan. Pengenalan ini penting agar anda bisa mengetahui kelebihan dan kelemahan masing-masing bahan dan. Menyesuaikannya dengan target yang anda sasar.

Seiring makin masifnya perkembangan fashion tas, terbuka juga peluang usaha yang bisa dimanfaatkan. Tak sedikit pemain baru yang kemudian terjun dengan membuka toko online. Sosial media pun marak dengan tawaran dan update status yang meawarkan tas-tas model terbaru yang menarik.

Sebelum memulai menjalankan usaha tas ada baiknya anda membuat perispan yang matang. Mulai dari riset pasar, mengenal beragam model dan jenis tas, hingga proses pembuatannya. Pengenalan ini penting yang akan membuat anda lebih kreatif dalam mengembangkan desain tas yang marketable.

Jenis Bahan Tas Paling yang Paling Sering Digunakan

Untuk mengenal dunia tas, berikut ini beragam jenis bahan tas yang paling sering digunakan dan dijual di pasaran.

1. Bahan Kulit (Leather)

Bahan jenis ini termasuk yang paling popular, baik untuk tas fashion maupun tas fungsional. Bahan baku kulit yangn digunakan biasanya berasal dari kulit hewan seperti sapi, kerbau, domba, ataupun hewan buas ular atau buaya. Tak sedikit model tas mewah dan branded menggunakan bahan kulit ini. Hal ini tak lepas dari harga bahan ini yang terbilang mahal sehingga harga jualnya juga mahal.

2. Bahan Polyester

Bahan polyster juga banyak dipilih dan digunakan untuk pembuatan tas karena sifatnya yang awet dan tahan lama, tidak gampang kusut, tahan air, dan harganya yang cukup terjangkau. Polyester banyak dipilih untuk tas ransel, tas laptop, tas sekolah, hingga tas jinjing.

3. Bahan Kanvas

Bahan kanvas dibuat dari campuran katun dan polyester sehingga lebih kuat, lebih tebal, serta anti air. Bahan kanvas juga mudah dibersihkan jika terkena kotoran dan harganya juga sangat terjangkau. Selain untuk tas, bahan ini juga banyak digunakan untuk tenda atau payung taman. Tas gunung dan daypack merupakan jenis tas yang menggunakan bahan kanvas.

4. Bahan Kain

Jenis bahan kain juga termasuk yang banyak digunakan karena sifatnya yang mudah dibentuk. Dalam proses produksinya juga umumnya tidak menggunakan mesin canggih. Bahan kain banyak digunakan untuk pembuatan tas harian karena harganya yang cukup terjangkau dan cara membersihkannya yang juga tidak sulit.

5. Bahan Satin

Satin adalah jenis bahan yang diproduksi dari campuran sutra, wol, dan polyester. Bahan ini memang sering dipakai untuk pembuatan baju namun juga menjadi basic material untuk pembuatan tas premium brand. Namun bahan satin umumnya dipakai untuk bagian tertentu saja, seperti untuk pelapis bagian dalam tas ataupun untuk pelapis luar clutch yang sering dikombinasikan dengan manik-manik agar terlihat cantik.

6. Bahan Denim

Bahan yang satu ini lebih popular sebagai bahan celana atau jaket jins. Namun belakangan bahan ini juga banyak dipilih untuk membuat tas, seperti jenis backpackm sling bag yang cukup popular. Kelebihan bahan denim untuk tas antara lain karena kuat, mudah dibentuk, dan cukup kasual untuk model tas fashion. Harganya juga tidak terlalu mahal.

7. Bahan Karet

Bahan terakhir yang juga banyak digunakan untuk pembuatan tas adalah bahan karet. Bahkan tak sedikit tas wanita yang mahal menggunakan bahan ini. Namunn kaarena proses pembuatannya yang tidak mudah, karet cukup jarang dipilih. Apalagi jenis karet yang bisa untuk tas umumnya adalah jenis yang mahall harganya sehingga harga jualnya juga mahal.

Itulah beberapa jenis bahan tas yang paling umum digunakan yang sebaiknya anda tahu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *