Tips Penting Cara Memulai Usaha Konveksi Tas

Tips Penting Cara Memulai Usaha Konveksi Tas

Tahukah anda bagaimana sih cara memulai usaha konveksi tas? Bisnis tas merupakan salah satu peluang usaha yang tak pernah lekang oleh waktu. Dari anak-anak hingga orang tua membutuhkan tas untuk beragam keperluan dan aktivitas. Anak-anak tentu ingin memiliki tas yang menarik untuk pergi ke sekolah. Orang kantoran pun membutuhkan tas untuk mengelola beragam peralatan yang dibutuhkan dalam menjalankan tugas dan kerjanya.

Dengan segmentasinya yang cukup luas dan kebutuhan terhadap produk ini yang tak mengenal musim membuatnya sangat menarik untuk digeluti. Siapapun anda dan apapun profesi anda bisa menjalankan bisnis ini dengan mudah. Tak sedikit mahasiswa ataupun ibu rumah tangga yang mampu membukukan penjualan dan meraih keuntungan besar dari bisnis ini.

Langkah Penting Cara Memulai Usaha Konveksi Tas

Jika anda tertarik untuk menjalankan usaha pembuatan tas, berikut ini beberapa tahapan penting cara memulai usaha konveksi tas yang sebaiknya anda rencanakan dan lakukan dengan baik.

1. Buat Bisnis Plan yang Jelas

Langkah paling awal sebelum memulai usaha adalah membuat atau menyusun sebuah rencana usaha (business plan) yang jelas. Paling tidak dalam rencana ini anda sudah memiliki gambaran tentang jenis produk yang ingin anda usahakan, apa keunggulannya, dan bagaimana strategi atau cara untuk menjalankannya.

Dalam strategi ini anda juga perlu menyesuaikan dengan kemampuan yang anda miliki. Jika anda memiliki modal yang cukup besar tak ada salahnya untuk memproduksi sendiri bisnis yang ingin anda jalankan. Namun jika modalnya terbatas, tak ada salahnya anda memulainya dengan cara menjadi reseller, dropshipper, ataupun agen marketing. Tentukan pula target yang ingin anda raih dalam bisnis anda untuk memberikan motivasi yang lebih kuat.

2. Lakukan Survei

Setelah anda memiliki gambaran tentang bisnis yang akan anda jalankan, langkah selanjutnya adalah melakukan survey. Jika anda memilih bisnis tas, anda bisa survey ke tempat produsen tas ataupun toko atau sentra yang membuat tas.

Jika anda belum bisa memproduksi tas sendiri, cari produsen yang harga tasnya cukup rendah. Anda juga bisa menawarkan kerja sama dengan produsen tas agar anda tidak perlu membeli terlebih dahulu. Ada banyak bentuk kerja sama yang bisa dibangun, apakah dengan sistim deposit seperti umum dilakukan untuk produk hijab, ataupun dengan model lainnya.

3. Tentukan Metode Penjualan

Seiring makin canggihnya komunikasi di era modern, ada banyak metode penjuaan yang bisa anda lakukan. Apakah akan dilakukan via online di internet, dengan cara offline (door to door), atau gabungan keduanya. Anda tidak perlu membuka toko dan kios baru jika modal anda terbatas.

Sesuaikan juga metode penjualan ini dengan jenis produk yang ingin anda pasarkan. Segmentasi tas wanita tentunya berbeda dengan tas sekolah.

4. Kenali Potensi dan Tantangan yang Ada

Dalam dunis bisnis tahap ini dikenal juga dengan istilah analisa SWOT (strengths/ kekuatan, weaknesses/kelemahan, opportunities/kesempatan, dan threats/ancaman). Singkatnya pada tahap ini anda pelru melihat apa saja keunggulan atau kekuatan anda, apa saja kelemahan yang ada, peluang apa saja yang bisa dimanfaatkan, serta kemungkinan ancaman jika ada yang juga perlu diantisipasi. Dengan pengenalan dan analisa yang mendalam akan memberikan panduan buat anda agar bisnis anda bisa lebih berhasil.

Itulah sejumlah hal yang perlu anda lakukan untuk memulai sebuah bisnis, termasuk dalam menjalankan usaha konveksi tas. Apa yang dipaparkan di atas hanyalah sekedar panduan namun pelaksanaannya tetap kembali pada bagaimana anda menjalankannya untuk meraih sukses. Semoga informasi singkat tentang beberapa tips cara memulai usaha konveksi tas ini bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *