Trik Jitu Menangkap Peluang Usaha Tas Sekolah

Trik Jitu Menangkap Peluang Usaha Tas Sekolah

Tingginya permintaan setiap tahun ajaran membuat peluang usaha tas sekolah begitu menggiurkan. Tak sedikit produsen tas yang seringkali kewalahan dalam memenuhi order. Meskipun peluang ini termasuk peluang bisnis musiman namun jumlahnya yang tidak sedikit tentunya tak patut dilewatkan begitu saja.

Yaps, namanya juga tas sekolah tentu segmen pasarnya adalah anak-anak dan siswa sekolah. Mulai dari SD hingga pelajar SMA selalu membutuhkan tas untuk membawa buku-buku dan alat tulisnya. Bahkan anak-anak TK ataupun play group pun tak sedikit yang sudah dibelikan tas imut untuk membawa bekal makanan.

Untuk memastikan seberapa besar peluang usaha tas yang ada di daerah anda cobalan jalan-jalan ke beberapa pasar dan tanyakan berapa banyak rata-rata penjualan tas para pedagang tersebut. Coba bandingkan jumlah penjualan menjelang tahun ajaran dengan pada penjualan pada bulan biasa.

Sebagai gambaran saja, sejumlah pedagang tas di beberapa pasar besar di Jakarta rata-rata mampu menjual tak kurang 10 buah tas dalam sehari. Beberapa pusat grosir tas di Jakarta, seperti Pasar Tanah Abang, Pasar Senen, ataupun Pasar Jatinegara bahkan bisa menjuallebih banyak lagi.

Trik Jitu Menangkap Peluang Usaha Tas Sekolah

Nah, buah anda yang tertarik untuk menangkap leuang usahha aini dan bermaksud mendirikan bisnis pembuatan tas di bawah ini beberapa hal yang sebaiknya anda perhatikan.

1. Strategi Menyiasati Produksi Tas

Memproduksi sendiri tas yang akan anda jual merupakan langkah yang mesti anda lakukan. Namun memproduksi tidak selalu harus membeli mesin jahit dan menjahit tas sendiri. Saat ini ada banyak pabrik atau perusahaan konveksi tas yang menyediakan jasa makloon atau titip jahit. Manfaatkan saja layanan itu sehingga anda bisa lebih fokus pada membuat desain tas yang unik dan konsentrasi pada pemasarannya.

Salah satu trik agar berhasil dalam bisnis tas sekolah adalah dengan menciptakan model tas yang unik dan trend. Karena itu kenali dengan baik keinginan anak terhadap tas model terbaru.

2. Tentukan Harga yang Kompetitif

Hitung dengan teliti biaya produksi anda dan tentukan harga jual tas yang kompetitif. Lebih baik untung sedikit tapi penjualan banyak dari pada harga tinggi tapi tidak ada yang membeli. Apalagi orang tua jaman now cukup sensitive terhadap harga. Hanya beda beberapa rupiah saja mereka akan lebih memilih tas yang harganya lebih murah meski kualitasnya lebih bagus.

3. Buka Lapak atau Titip Jual

Untuk pemasarannya, anda bisa melakukannya dengan membuka lapak atau toko tas sendiri jika modalnya mencukupi. Ada banyak kios yang umumnya dibangun di kawasan strategis dan dekat dengan perumahan dimana anak-anak tinggal atau dekat dengan sekolah. Anda juga bisa menitipkan tas produksi anda di berbagai kios di pasarr atau toko tas dengan sistim titip jual.

4. Jual di E-Commerce Indonesia

Perkembangan ionternet yang massif harus anda manfaatkan dengan baik untuk mempromosikan usaha anda. Saat ini ada banyak saluran gratis yang cukup potensial untuk bisnis, sseperti web pemasangan iklan gratis yang memiliki banyak trafik. Anda juga bisa menjual tas anda di berbagai e-commerce Indonesia yang popular, seperti di Bukalapak, Tokopedia, Shopee, ataupun OLX.

5. Manfaatkan Media Sosial

Indonesia termasuk negara dengan jumlah pengguna media social tertinggi di Indonesia. Facebook dan Instagram adalah jenis media sosialyang palingg banyak digunakan orang Indonesia. Manfaatkan saja kedua media social itu untuk mempromosikan dan menjual tas buatan anda. Cobalah cari trik mennggunakan media social untuk bisnis yang banyak bertebaran di internet.

Itulah sedikit tips dan trik jitu menangkap peluang usaha tas sekolah yang semoga memberikan inspirasi untuk sukses anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *