Konveksi Tas Seminar, Peluang Bisnis yang Menggiurkan

Konveksi Tas Seminar, Peluang Bisnis yang Menggiurkan

Pertumbuhan usaha konveksi tas seminar akhir-akhiir terasa sekali dinamikanya. Perkembangan ini tentunya tak bisa lepas dari aktivitas dan kegiatan seminar, lokakaryaa, dan pelatihan yang sering diadaka berbagai lembaga. Instansi pemerintah maupun kalangan akademisi di lingkungan kampus adalah sebagian pihak yang kerap menyelenggarakan kegiatan ilmiah tersebut.

Seminar adalah sebuah pertemuan yang diselenggarakan untuk membahas tentang suatu topik atau tema tertentu secara akademis dan teknis untuk menemukan suatu solusi. Seperti dikutip dari Wikipedia, seminar umumnya merupakan bentuk pengajaran akademis yang diadakann di universitas maupun organisasi professional dengan fokus pada topik khusus. Peserta yang hadir dalam kegiatan seminar berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan tersebut.

konveksi tas seminar

Dalam penyelenggaraan kegiatan seminar, panitia penyelenggara biasanya mempersiapkann dan memberikan kelengkapan yang dinamakan seminar kit kepada para peserta maupun pembicara. Seminar kit ini biasanya berupa paket fasilitas yang terdiri dari sebuah tas beserta isinya. Isi di dalam tas adalah alat-alat yang umumnya dibutuhkan peserta, seperti fotokopi makalah pembicara, notes, ballpoint, tanda peserta (ID card), hingga sertifikat.

Peluang Bisnis Seminar Kit

Tingginya frekuesi penyelenggaraan seminar, lokakarya, ataupun pelatihan ternyata memberikan peluang bisnis yang menggiurkan. Ada sejumlah jenis pekerjaan yang bisa dilakukan untuk menyediakan fasilitas seminar kit tersebut. Diantaranya konveksi tas yang membuatkan tas seminar, percetakan yang mencetak tanda peserta dan sertifikat, dan supplier lain yang menyediakan notes, buku, hingga ballpoint. Cetakan logo atau brand nama kegiatan seminar pada tas maupun alat tulis juga bisa dikerjakan sablon ataupun percetakan.

Menyediakan seminar kit bagi peserta seminar merupakan hal yang mesti dilakukan peserta seminar sebagai bagian dari fasilitas. Apalagi jika seminar diadakan dengan memungut biaya dari peserta. Meskipun demikian berbagai kegiatan seminar yang diselenggarakan oleh instansi pemerintah atas biaya dari APBN atau APBD umumnya juga memberikan seminar kit sebagai fasilitas.

Sedangkan kalangan kampus, termasuk yang sering diselenggarakan kalangan mahasiswa juga tak lepas dari seminar kit.
Bagi penyelenggara seminar, mempersiapkan seminar kit harus dilakukan jauh-jauh hari dan harus disiapkan dengan matang. Selain biayanya yang tidak sedikit, perencanaan seminar kit juga berhubungan dengan jumlah peserta yang ditargetkan. Apalagi tak jarang pada seminar berbayar dicantumkan tenggat waktu pendaftaran hingga hari terakhir menjelang hari-H pelaksanaan.

Besarnya permintaan terhadap layanan pembuatan seminar kit inilah yang memberikan peluang bisnis yang cukup menggiurkan. Peluang ini sangat prospektif mengingat jumlah pesanannya yang biasanya cukup besar. Bahkan di internet saat ini sudah bermunculan pelaku bisnis seminar kit yang siap melayani kebutuhan para penyelenggara seminar.

Maraknya bisnis layanan seminar kit ini tak lepas dari potensi keuntungannya yang tidak bisa dianggap kecil. Mungkin saja keuntungan perpaket seminar kit tidak terlalu besar namun karena jumlahnya yang besar tentunya anda bisa menghitung sendiri berapa keuntungan yang bisa diraih. Itu baru dari satu acara seminar. Jika anda bisa mendapat order minimal dari 10 kegiatan seminar saja maka anda bisa mengantongi keuntungan yang sangat besar.

Tips Menangkap Peluang Bisnis Konveksi Tas Seminar

Sudah bisa menangkap fenomena layanan seminar kit seperti dipaparkan di atas? Apakah anda juga tertarik untuk mencoba menangkap peluang bisnis tersebut?

Menjalankan bisnis dalam menyediakan seminar kit ternyata tidak sulit dan juga tidak membutuhkan modal besar. Bahkan anda tak perlu membeli mesin jahit untuk mendirikan konveksi tas atau membeli mesin cetak untuk mencetak kebutuhan ID card atau sertifikat. Yang dibutuhkan hanyalah mencari dan merangkul panitia seminar untuk memesan order kepada anda.

Langkah selanjutnya untuk pembuatan berbagai barang dalam seminar kit tinggal anda serahkan pada produsen tangan pertama agar harganya terjangkau. Ada banyak usaha percetakan maupun supplier yang bisa anda ambil barangnya dengan harga semurah mungkin. Begitu juga ada banyak usaha konveksi atau pabrik tas yang bisa diajak kerja sama. Oscas Indonesia termasuk pabrik tas di Bandung yang mampu membuatkan tas seminar dengan model terbaru dan berkualitas namun dengan harga yang sangat terjangkau.

Itulah sedikit tips menangkap peluang bisnis konveksi tas seminar yang potensial dan menggiurkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *